5. Monumen Jayandaru

Monumen Jayandaru, merupakan ikon baru yang baru saja dipasang di alun-alun. Sidoarjo mulai bebenah, alun-alun yang dulunya banyak pedagang kaki lima sekarang sudah bebas dari PKL. Mereka dipindahkan ke daerah GOR dan sebagian pedagang menggelar lapak di pasar kaget Gading Fajar.
Dinamakan monumen Jayandaru karena Jayandaru berarti wahyu kejayaan, PEMKAB Sidoarjo mengharap Sidoarjo mengalami masa kejayaan di masa datang.
Monumen Jayandaru ini bakalan jadi ajang selfie baru bagi warga Sidoarjo :). Apalagi alun-alun sekarang sudah dipasang beberapa gazebo yang bisa digunakan duduk dan berbincang dengan keluarga.  Di bagian depan alun-alun, berdekatan dengan monumen Jayandaru disediakan taman bermain buat anak-anak.Walau awalnya monumen Jayandaru, pemasangan patung di bawahnya ini sempat menjadi polemik.Ada beberapa tokoh islam yang tak setuju dengan wacana patung tersebut. Sebab patung ini dianggap tak sesuai dengan kondisi Sidoarjo yang terkenal sebagai kota santri. Tokoh ulama Sidoarjo mengatakan kalau patung yang akan dipasang ini tidak sesuai dengan keberadaan lafadz Asmaul Husna di sepanjang jalan protokol Sidoarjo.Tapi monumen Jayandaru tetap dilanjutkan penggarapannya, bahkan sekarang tinggal finishing. Tinggi monument Jayandaru kurang lebih 25 meter.

Leave a comment